Piston
Engine disebut juga dengan motor bakar yang berfungsi sebagai
alat atau gaya dorong pada kendaraan, motor bakar sendiri memperoleh tenaga
dari energi kimia yang berupa bahan bakar atau bensin yang lalu dibakar di
dalam motor bakar tersebut
A. Prinsip Kerja Motor Bensin
Pada motor bensin,
bensin dibakar untuk memperoleh energi termal. Energi ini selanjutnya digunakan
untuk melakukan gerakan mekanik. Prinsip kerja motor bensin, secara sederhana
dapat dijelaskan sebagai berikut : campuran udara dan bensin dari karburator diisap
masuk ke dalam silinder, dimampatkan oleh gerak naik torak, dibakar untuk
memperoleh tenaga panas, yang mana dengan terbakarnya gas-gas akan mempertinggi
suhu dan tekanan. Bila torak bergerak turun naik di dalam silinder dan menerima
tekanan tinggi akibat pembakaran, maka suatu tenaga kerja pada torak
memungkinkan torak terdorong ke bawah. Bila batang torak dan poros engkol
dilengkapi untuk merubah gerakan turun naik menjadi gerakan putar, torak akan
menggerakkan batang torak dan yang mana ini akan memutarkan poros engkol. Dan
juga diperlukan untuk membuang gas-gas sisa pembakaran dan penyediaan campuran
udara bensin pada saat-saat yang tepat untuk menjaga agar torak dapat bergerak
secara periodik dan melakukan kerja tetap. erja periodik
di dalam silinder dimulai dari pemasukan campuran udara dan bensin ke dalam
silinder, sampai pada kompresi, pembakaran dan pengeluaran gas-gas sisa
pembakaran dari dalam silinder inilah yang disebut dengan “siklus mesin”. Pada
motor bensin terdapat dua macam tipe yaitu: motor bakar 4 tak dan motor bakar 2
tak. Pada motor 4 tak, untuk melakukan satu siklus memerlukan 4 gerakan torak
atau dua kali putaran poros engkol, sedangkan pada motor 2 tak, untuk melakukan
satu siklus hanya memerlukan 2 gerakan torak atau satu putaran poros engkol.
B. Langkah
Kerja
B.1.
Langkah hisap
Pada gerak hisap, campuran udara bensin dihisap ke dalam
silinder. Bila jarum dilepas dari sebuah alat suntik dan plunyernya ditarik
sedikit sambil menutup bagian ujung yang terbuka dengan jari (alat suntik akan
rusak bila plunyer ditarik dengan tiba-tiba), dengan membebaskan jari akan
menyebabkan udara masuk ke alat suntik ini dan akan terdengar suara letupan.
Hal ini terjadi sebab tekanan di dalam lebih rendah dari tekanan udara luar.
Hal yang sama juga terjadi di mesin, torak dalam gerakan turun dari TMA ke
TMB menyebabkan kehampaan di dalam silinder, dengan demikian campuran udara
bensin dihisap ke dalam. Selama langkah torak ini, katup hisap akan membuka dankatupbuangmenutup.
B.2. Langkah kompresi
Dalam gerakan ini
campuran udara bensin yang di dalam silinder dimampatkan oleh torak yang
bergerak ke atas dari TMB ke TMA. Kedua katup hisap dan katup buang akan
menutup selama gerakan tekanan dan suhu campuran udara bensin menjadi naik.
Bila tekanan campuran udara bensin ini ditambah lagi, tekanan serta ledakan
yang lebih besar lagi dari tenaga yang kuat ini akan mendorong torak ke bawah.
Sekarang torak sudah melakukan dua gerakan atau satu putaran, dan poros engkol
berputar satu putaran.
B.3. Langkah kerja
Dalam gerakan ini,
campuran udara bensin yang dihisap telah dibakar dan menyebabkan terbakar dan
menghasilkan tenaga yang mendorong torak ke bawah meneruskan tenaga penggerak
yang nyata. Selama gerak ini katup hisap dan katup buang masih tertutup. Torak
telah melakukan tiga langkah dan poros engkol berputar satu setengah putaran.
B.4. Langkah buang
Dalam gerak ini, torak terdorong ke bawah, ke TMB dan naik
kembali ke TMA untuk mendorong gas-gas yang telah terbakar dari silinder.
Selama gerak ini kerja katup buang saja yang terbuka. Bila torak mencapai TMA
sesudah melakukan pekerjaan seperti di atas, torak akan kembali pada keadaan
untuk memulai gerak hisap. Sekarang motor telah melakukan 4 gerakan penuh,
hisap-kompresi-kerja-buang. Poros engkol berputar 2 putaran, dan telah
menghasilkan satu tenaga. Di dalam mesin sebenarnya, membuka dan menutupnya
katup tidak terjadi tepat pada TMA dan TMB, tetapi akan berlaku lebih cepat
atau lambat, ini dimaksudkan untuk lebih efektif lagi untuk
aliran gas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar